2009-11-08

Gus Dur...I Love You Full

Tiap orang kalo ditanya siapa presiden favoritnya, pasti punya pendapatnya masing-masing. Kalo gw, Soekarno dan Gus Dur. Bung Hatta juga mantab, tapi kan beliau wapres.

Pemikiran dan sikap yang rada nyeleneh yang bikin gw salut sama Gus Dur.

Salah satunya penjelasan Gus Dur di surat pembaca kompas tanggal 8/11/2009.






Penjelasan Presiden Keempat RI

Berikut ini catatan Presiden keempat RI tentang tanggapan tulisan di Kompas (15/10), "Presiden Yudhoyono dan Demokrasi Mataraman", yang menyebutkan bahwa saya "lupa" (milik nggendong lali) sehingga ingin mempertahankan kekuasaan dengan membubarkan parlemen melalui Dekrit Presiden, dengan demikian akan memperpanjang kekuasaan saya.

Dalam kenyataan tidak demikian. Ketika beberapa pihak ingin menggeser posisi saya sebagai presiden, justru saya menghindardari perbenturan itu dengan meminta dua menteri mengeluarkan Dekrit Presiden, tetapi ia menolak. Karena itu, saya justru melengserkan diri dari jabatan kepresidenan ini untuk menghindari terjadi perang saudara.

Bahwa karena ketentuan hukm Islam (fiqih), bahwa seseorang dapat saja diperintahkan meninggalkan rumahnya (baca: Istana Merdeka), asal dilakukan oleh pemerintah. Karena Lurah Gambir adalah unit terkecil dari daerah di sekitar istana, saya meminta Pak Luhut Panjaitan untuk meminta surat itu.

Mungkin saja Pak Luhut tidak mengerti sepenuhnya apa yang saya maksud, ia tetap mengerjakan permintaan itu. Besok sorenya, ia serahkan kepada saya surat dari Lurah Gambir yang meminta saya untuk meninggalkan Istana Merdeka. Dari apa yang saya terangkan, jelas bahwa saya tidak pernah mempertahankan diri dari kekuasaan saya

ABDURRAHMAN WAHID
Presiden IV RI


Beda banget sama kapolri & kajagung. Tunggu perintah dari presiden, tidak sadar diri.


-fin-

0 comments:

Post a Comment