2009-11-04

Antenna Abal-Abalbolic Penguat Sinyal

Provider internet sekarang berserakan di mana-mana, mulai dari yang kecil sampai yang gede. Kaget juga waktu iseng-iseng search di google cari ISP buat daerah depok. Kalo ISP kecil masih relatif mahal biaya perbulan. Jadi pake ISP besar aja di rumah. Dulu pake telkomsel, sekarang pake smart. Gara-gara pake kuota, kecil banget lagi jatahnya. Smart bebas, mudah-mudahan seterusnya.

Salah satu kendala di Depok sinyal dari ISP berkutat di wilayah Margonda. Mungkin karena masuk wilayah Jakarta coret jadi kurang dapat perhatian. Kalo udah jauh dari Margonda sinyal kemungkinan naik turun. Apalagi sinyal 3G & EVDO, minimalis abis. Coba cari solusi buat ngatasin masalah sinyal tapi dengan biaya murah, ketemu wajanbolic & bazooka 3G. Pengen beli, tapi takut pengaruhnya ga signifikan buat kenaikan sinyal. Mau bikin, alat-alat terbatas. Lagian kalo liat skema wajanbolic & bazooka 3G modemnya itu ditaro di dalam pipa paralon. Ya pasti kepanasan, sayang modemnya.

Cari-cari info lagi ketemu yang begini, astrobolic. Jadi penasaran mau coba bikin sendiri. Berhubung cari parabola bekas susah, ya berkreasi sendiri aja. Pake antena tv, tapi yang ada parabolanya. Ambil bagian parabolanya aja, bagian lain ga dipake. Kombinasikan dengan ilmu wajanbolic & bazooka 3G.

Jreng-jreng!!! Lumayan ada peningkatan sinyal. Sinyal standar 19-22%. Setelah pakai antenna 54-62%, stabil di 58%. Tapi ga tau gain-dBi naik juga atau ga. Yang tambah bikin seneng modem ga kepanasan, malah bisa dikipasin. Ademmmm benerrrr...

tanpa antenna


pakai antenna

Modal yang dikeluarkan:
Beli antena tv yang ada parabola Rp 45,000
Selotip alumunium foil Rp 8,500
Kawat nyamuk 1m Rp 21,000 (kirain minimal beli satu meter, ga taunya bisa 1/4 meter)
Benang sol Rp 1,500 (buat ikat parabola ke dudukan)
Tripod bekas, asumsi gratis
Dudukan parabola, dari mainan lama, asumsi gratis juga
Fan, ambil dari komputer rusak, kayaknya gratis
TOTAL = Rp 76,000

Penasaran mau cari parabola yang diameternya lebih gede, tapi tetap yang murah meriah. Pengen tambah biquad juga. Siapa tau lebih maknyus, ajib.


-fin-

0 comments:

Post a Comment