2009-11-25

Catatan Pinggir 2; Goenawab Mohamad


Ini adalah sebuah judul buku berisi tulisan-tulisan Goenawan Mohamad di majalah TEMPO dari tahun 1981-1985. Buku ini berisi pandangan-pandangan, ada juga satire mulai dari birokrasi, ideologi, kebudayaan, moralitas, dan lain-lain. Sekarang Goenawan Mohamad masih menulis di TEMPO online, masih membahas hal-hal seperti ini, nama rubriknya caping. Mungkin akronim dari catatan pinggir. I dunno.

Buku ini gw dapat dengan cara yang tidak halal, ngembat dari perpustakaan salah satu organisasi di kampus. Dulu di salah satu organisasi di kampus gw pernah ikutin, gw jadi ketua seksi perpustakaan. Buku ini gw ambil bukan buat nambah koleksi perpustakaan organisasi yang gw ikutin, tapi buat koleksi pribadi. Walaupun ga tau bakal gw baca atau ga.

Alasan gw curi buku ini seperti kata bang napi, kejahatan terjadi bukan karena ada niat tetapi juga karena ada kesempatan. WASPADALAH!! Jadi karena perpustakaan organisasi lain tidak dijaga dengan apik dan ada kesempatan maka terjadilah kejahatan tersebut.

Buku ini gw ambil udah lama, sekitar tahun 2005 kayaknya. Tapi baru gw baca November 2009. Ternyata isinya bagus, ga berat dan ngajak sedikit mikir.

Nanti ada beberapa dari isi buku ini mau gw posting. Oom Goenawan jangan marah ya. Buat yang bukunya gw embat, mohon maaf lahir batin.


-fin-

1 comment: