2010-07-08

Sinetron Bagus??

Di suatu hari selasa, daku sakit. Entah kenapa waktu senin malam sekonyong-konyong semua badan ngilu dan selasa pagi lemes dan pusing. Jadilah sepanjang selasa hanya di atas pulau kapuk.

Seharian nonton tv. Terakhir kali kayak begini kapan ya? Acara pagi banyak yang siaran musik. Siang berita plus sinetron. Tapi sinetron siang bukan sinetron seri, kalo kata SCTV namanya film televisi atawa FTV. Lumayanlah buat hiburan, ceritanya juga ga masalah harta dan balas dendam seperti sinetron seri yang lain.

Senja pun tiba. Nah, sekitar jam 18.00 ganti channel ke trans7. Eh, sinetron lagi. Tapi yang ini beda. Ga kayak sinetron-sinetron yang lain. Dari teknik pengambilan gambarnya, tema ceritanya, musiknya, deelel. Pokoke beda banget sama sinetron-sinetron bapuk yang beredar. Kalo di sinetron bapuk kameranya itu statis banget (ga tau istilah sinematografinya). Yang sering di-shoot muka pemainnya (close-up ya?). Kayaknya ga perlu datang ke lokasi shooting, cukup via video chatting aja, kasih latar blue screen biar gampang editnya. Nah, kalo yang di trans7 mantabs gerak kameranya, sampe ada satu scene yang di-shoot kaki pemainnya lagi gerak, bukan muka pemainnya. Dinamis bangetlah kameranya. Kualitas gambarnya juga beda sama sinetron abal-abal. Apa pake kamera film? Tiba-tiba terpotong iklan dan tersingkaplah judul sinetron itu, "Mendadak Dangdut, the Series."

Dulu pernah nonton versi layar lebarnya, ceritanya kurang menarik. Tapi yang ini malah versi sinetronnya lebih menarik. Tapi sayang, jadwal penayangan sinetron di era milenium ke-3 ini tidak bersahabat. Biasanya tiap hari. Kucoba melempar-lempar manggis, manggis kulempar jadwal sinetron kudapat. Tayangnya senin-kamis. Ah, berat juga buat nonton terus. Kirain ga jadi karyawan kantoran bisa bebas ngatur waktu. I still have to buy some time. Waktu memang mahal. Coba jadwalnya seminggu sekali macam "Si Doel Anak Sekolahan."

Dulu ada FTV yang gw suka, "Ujang Pantry." Kueren. Ga nyangka dapet banyak penghargaan. "Si Doel Anak Sekolahan" juga kueren, tapi ga tau (inget) dapet penghargaan atau ga. Mudah-mudahan "Mendadak Dangdut, the Series" bisa dapet banyak penghargaan juga. Dan yang paling penting bisa merubah dunia pesinetronan menjadi lebih baik.


-fin-

1 comment:

  1. sinetron yg lebih bagus lagi mendidik penontonnya terutama anak2 ya Keluarga Cemara... suka bgt deh ama sinetron itu, kangen, coba ada yg nayangin lagi ya... tapi rata2 sinetron jadul lebih bagus deh daripada yg skrg..
    -- visit http://m.rujakasik.com --

    ReplyDelete