2009-08-01

Iklan Pemerintah

Akhir-akhir ini sering banget liat iklan dari pemerintah, yang kasih angin surga. Yang sempat bikin orang-orang kesel iklan sekolah gratis. Di iklan itu dibilang sekolah gratis bisa diadakan. Faktanya, berdasarkan info dari kompas, yang gratis itu cuma SPP. Biaya-biaya lain ya ga gratis. Konsep kaya gitu kayanya udah ada dari jaman gw SMP/SMA. Di kartu bayaran emang ga ada iuran SPP, tapi ada iuran lain2 (lupa apa aja, udah uzur).

Iklannya gembar-gembor sebelum mulai awal tahun ajaran baru, waktu orang-orang lagi sibuk mau mulai pendaftaran. Jelas orang-orang nangkepnya pendidikan gratis itu ya bener-bener gratis tis tis. Rp 0,-. Jadi, anak sekolah tinggal bawa badan + alat tulis. Ya tetep aja di lapangan banyak biaya-biaya. Departemen pendidikan dan kebudayaan kok kaya gitu kelakuaknnya, tidak mendidik dan tidak berbudaya. Bikin kebohongan masal.

Sekarang iklan pendidikan gratis udah ga ditayangin lagi, sepertinya. Muncul iklan baru, dari kementrian koperasi dan UMKM. Ada tiga versi iklan, dan menurut gw rada-rada aneh.

Pertama, iklan tentang keunggulan produk Indo dibandingin produk impor. Diperankan 1 cewe dan 3 orang cowo. Si cewe jadi tokoh protagonis dan 3 cowo jadi tokoh antagonis. Di situ ada dialog dimana si cewe bilang, "Masih import minded?" Keanehan di sini adalah si cewe ngebela produk Indo, tapi kok bahasanya gado-gado. Bahasa Indo gw juga kacau, tapi itu kan iklan dari pemerintah, jadi panutan lah.

Kedua, iklan tentang pasar tradisional bersih. Pemeran 1 ibu dan 3 orang cowo (cowonya idem sama iklan pertama). Si ibu protagonis dan 3 cowo antagonis. Si ibu ngajak 3 orang cowo untuk belanja ke pasar tradisional, ditolak soalnya dibayangan salah satu cowo tersebut pasar tradisional jorok. Ternyata pasar tradsional di iklan itu BERSIH BANGET. Yang aneh dari iklan itu menurut gw ada 2. Kesatu, budaya buang sampah pada tempatnya di masyarakat kita masih susah diterapin, gampang banget nemuin orang buang sampah sembarangan di mana-mana termasuk pasar tradisional. Jadi, agak-agak sulit ada pasar tradisional bersih kalo tradisi buang sampah pada tempatnya aja belum jalan. Kedua, udah sering banget pedagang pasar tradsional protes tentang pembangunan hypermart yang terlalu dekat lokasinya sama pasar tradisional dan ga pernah digubris pemerintah. Padahal itu melanggar aturan main. Masalah lokasi dan persaingan aja ga dipeduliin, apalagi masalah kebersihan.

Ketiga, iklan tentang pinjaman modal usaha kecil menengah. Pemeran 1 cowo kekar dan 3 orang cowo (idem lagi). Si cowo kekar jadi tokoh lugu dan melankolis, dan 3 cowo jadi informan. Di iklan itu si cowo kekar ngebantu benerin mobil 3 cowo itu. Ternyata si cowo kekar pengangguran dan dikasih info untuk ambil pinjaman modal untuk bikin usaha. Kalo yang ini belum bisa kasih pendapat, soalnya belum tau realisasinya kaya apa. Mudah-mudahan, nanti waktu ambil pinjaman dananya ga dikebiri sama oknum-oknum jahanam, kaya BLT.

Gw bukan pesimis sama pemerintah (dikit aja pesimisnya), kenapa pemerintah ga bikin program yang sederhana tapi peluang pelaksanaannya sangat besar. Misal pendidikan, kenapa ga bilang pendidikan murah aja biar orang tua tau masih ada dana yang perlu dikeluarin secara pribadi. Jadi ga usah janji muluk-muluk, sederhana aja rakyat juga seneng kok.


-fin-

0 comments:

Post a Comment